My Inspiration ...

My Inspiration ...

11/26/2008

Begonia, si CAntik dan Eksotik


Tanaman hias dari keluarga Begoniaceae ini diperkirakan terdiri dari 1500 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Begonia spesies ini dibagi dua, Begonia Alam dan Begonia Eksotik. Begonia alam penampilannya ‘biasa-biasa saja’, kurang menarik dan hidup liar. Sedangkan Begonia eksotik mempunyai berbagai bentuk yang unik, warna dan corak yang beragam, ukuran daun dan bunganya pun sangat bervariasi. Kebanyakan berasal dari luar negeri. Jenis inilah yang lebih dikenal sebagai tanaman hias yang diramalkan akan menjadi salah satu trend masa depan.
Tidak salah memang kalau tanaman hias yang satu ini dianggap cantik dan eksotik, lihat saja jenis Begonia Acetosa, daunnya indah berwarna hijau dan sisi lainnya berwarna merah menyala, teksturnya lembut seperti beludru, adapula yang keriting dan mengkerut. Siapa yang tidak akan terpikat? Anda ingin mengenal lebih jauh si cantik eksotik ini ?


Tanaman Hias Trend Masa Depan dengan Perawatan Yang Mudah
Kalau dilihat dari bentuk daunnya memang sangat unik, sehingga dia tidak bisa hanya dikategorikan tanaman biasa. Bentuk daunnya oval dengan serat yang tegas, struktur daun dan batangnya ditumbuhi rambut-rambut halus sudah merupakan cirri khas yang tidak biasa, belum lagi warnanya yang tidak seperti daun pada umumnya, teksturnya pun istimewa. Jadi, tanaman hias ini memang ‘Luar biasa’ apabila dilihat dari penampilannya.
Pada dasarnya , habitat asli Begonia adalah hutan belantara, jadi tanaman ini sudah terbiasa apabila tidak terlalu dirawat. Dalam panas dan air yang cukup pun tanaman ini sudah cukup subur. Menurut Bapak Muhowari, pemilik Ana Flora Nursery di kawasan Graha Bunga, Bintaro, “Begonia akan kering dan hangus daunnya apabila terlalu banyak air, jadi tidak perlu penyiraman yang terlalu sering,” Cukup disiram sehari sekali saja, bayangkan bagaimana mudahnya perawatannya kan, dibandingkan dengan kedua kerabat tanaman hias trend lainnya seperti Anthurium dan Aglaonema, Begonia memang relatif lebih mudah perawatan, tapi tetap tak kalah mempesona.

Eye Catching
Dulu sebelum sepopuler sekarang, Begonia hanya sebagai tanaman semak yang ditanam di tanah mengelilingi rumah, ataupun sebagai tanaman gantung. Namun sekarang, begonia naik kasta. Keberadaanya di teras rumah, diletakkan di dalam pot yang indah dan terlihat ‘eye catching’, Anda bisa pilih jenis Begonia rex, yang berwarna merah lembayung atau keperakan, sudah pasti semua mata akan meliriknya. Biarkan tanaman ini berdiri megah pada pot tanaman yang kokoh, dan diletakan diatas pilar setinggi 50 cm, posisi daunnya akan tepat pada level mata kita. Sehingga dapat dengan puas memandang bentuk daunnya yang berbingkul, mengkerut dan keriting.
Apabila memilih Begonia yang akan diletakkan di pot, mana yang Anda mau, daun yang indah dan eksotik atau bunga yang cantik? Karena jenis yang memiliki corak dan warna daun yang indah belum tentu memiliki bunga yang indah pula, sedangkan yang bunganya sangat indah biasanya mempunyai daun yang biasa saja. Mana yang Anda suka ? Apabila si daun eksotik, silakan pilih jenis : Rex, Two color, Argenea, Rajah, Labirin, Mini Merry,dll. Namun apabila pilihan Anda pada si bunga cantik, pilihannya adalah : Tuber Hybrida, SemperFlorens, Roy Hartly, Picote first love, Lady francis, dan banyak lagi.

Obat Demam dan Penyembuh Luka
Selain keindahan dan keunikan bentuk daunnya, satu lagi keistimewaan Begonia, dapat berkhasiat menyembuhkan luka, demam, dan daunnya dapat mengobati bibir pecah-pecah. Orang yang pernah mencoba khasiatnya adalah Kiar, penduduk sekitar kaki gunung Kelud yang sering mengalami panas dalam dan bibir pecah-pecah. Lalu dia mengambil daun Begonia jenis Popenoci standley atau orang desa menyebutnya cembilung, meremas2nya lalu mengoleskan pada bibir yang pecah-pecah. Resep ini sudah diwariskan secara turun temurun. Selain daunnya, umbi Begonia yang sudah dicuci bersih kemudian tambahkan 300cc air, lalu dihaluskan, air nya dipakai untuk kumur-kumur dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan

Sudah mulai jatuh cinta dengan si cantik dan eksotik ini ? Harga nya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan tanaman hias trend lainnya, untuk Begonia Rex setinggi 15cm-30cm dijual seharga Rp30.000/pot . Begonia yang setinggi >70cm dan berumpun padat, dipatok harga Rp 200.000/pot. Apabila dengan perlakuan yang sama seperti Anthurium, penampilan begonia pun akan terlihat tak kalah mempesona. Segera pilih yang Anda sukai, dijamin akan mempercantik teras rumah Anda.

Tips :
- Begonia tidak menyukai panas matahari langsung.
- Dapat tumbuh subur di tempat yang lembab, tanah berhumus dan teduh.
- Penyiraman yang berlebihan akan mengakibatkan daun nya kering bahkan hangus.
- Begonia biasanya hanya tumbuh kurang dari 1 meter saja, hanya begonia polkadot yang dapat tumbuh lebih dari 1 meter.
- Repotting diperlukan untuk memisahkan rumpun yang telah padat.

INFORMASI
Nama latin : Begonia sp.
Nama Lokal : Begonia
Family : Begoniaceae
Perbanyakan : pemisahan anakan, stek batang, stek daun, umbi dan biji
Tekstur daun : berlilin dan lembut, atau kasar seperti beludru
Perawatan : - pemupukan 2 minggu sekali (pupuk organik/non-organik)
- pemangkasan dilakukan pada daun yang sudah menua dan kering
- repotting 1kali/tahun.
Fungsi desain : Tanaman display dalam pot (indoor dan outdoor), penutup tanah
ditanam dalam jumlah banyak, tanaman gantung.
Daya tarik : Daunnya yang unik dan bunganya yang indah
Tinggi rata2 : 20cm - 60cm , lebar rumpun 40cm – 90 cm







Tidak ada komentar: