My Inspiration ...

My Inspiration ...

4/23/2009

Kolam Hias Koi

Perlu diperhatikan pada saat membuat kolam, apakah kolam tersebut hanya akan menjadi kolam hias dengan display tanaman air, atau akan dijadikan tempat habitat ikan-ikan dan berkembag biak. karena apabila tujuan kedua yg diinginkan banyak sekali faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan , misalnya kedalaman dan ;luas kolam, sirkulasi air, oksigen dlm air untuk ikan, filterisasi, kualitas air dan daerah sekitar kolam.
mengapa demikian??
karena, ada beberapa jenis ikan tertentu yang sangat riskan apabila air kolam dalam keadaan kotor, ataupun ikan kurang berkembang dengan baik apabila kolam kurang dalam/luas, ataupun sirkulasi dan oksigen yang kurang baik akan membuat ikan stres bahkan mati.

Apabila kolam untuk ikan koi, lebih banyak lagi yang harus diperhatikan, sebelum merencanakan kolam hias ikan koi ada baiknya dikonsultasikan dahulu pada peternak ikan koi dan orang yang lebih ahli, ataupun banyak membaca buku tentang memelihara ikan koi. Sanagat penting untuk menentukan desain kolam tersebut nantinya. apabila ikan2 ini menjadi faktor utama, desain kolam dan pendukungnya harus bisa menyesuaikan faktor penting tersebut di atas.

Seperti misalnya contoh kolam berikut ini, dikarenakan pemiliknya memang menyenangi ikan koi, sbenrnya tujuan awalnya mmg tempat hidup koi, bentuk dan desain sangatlah tidak dipentingkan, apalagi nilai estetis, bahkan diabaikan.
yang penting kedalaman harus >1meter, lebar3-4meter, lahan yang ada benar2 dimaksimalkan, kolam yang luas itulah yang jadi keinginan pemiliknya.
Nah, utnuk mewujudkannya memang tidak mudah, dengan memaksimalkan lahan, kolam akan berkesan kurang bernilai estetis, karena sesuai lahan bentuknya hanya persegi panjang saja, tidak ada nilai seni nya. Akhirnya setelah dikompromikan, bentuk kolam memang megikuti lahan, nilai estetis siambil dari water wall yang dibuat agak variatif, deengan pemilihan material batu andesit napolie dan batu acak yang mempunyai nilai seni tinggi.
Sehingga kolam tidak hanya bernil;ai fungsional, tapi jg nilai estetis terpenuhi.
Keputusan yang sanagat tepat apabila pemiliknya berkonsultasi dengan Landscaper, sehingga nilai fungsional dan diimbangi dengan nilai estetis.
Dengan demikian kolam tidak hanya terlihat spt tempat untuk ikan tapi juga enak dilihat...


Kendala yang ditemukan antara lain :
- posisi kolam yang terletak diatara 2rumah yang berbeda, sbg penyambung 2rumah
- posisi pondasi yang melintasi kolam tidak dapat dibuang sehingga masuk ke dalam desain kolam
- kedalaman kolam yang mencapai >1meter sehingga banyak menemukan titik2 mata air
- ketinggian permukaan tanah kedua rumah selisih 70cm
- water wall berbentuk berbelok2 sehingga kekuatan pompa sangat diperhitungkan, sehingga jatuhnya air merata

@ Kolam hias kediaman Bp Tony Widjaja, Pesona Florida Kota Wisata Cibubur

Tidak ada komentar: